Kediri – SMK PGRI 1 Kediri gelar kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) pada Rabu, 15 November 2023 di ruang bengkel TKJ. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik kelas XII dari seluruh jurusan. Pelaksanaan yang diadakan hanya selama sehari, diikuti sejumlah 88 peserta. Kegiatan Asesmen Bakat Minat tersebut memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.

            Kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) berbeda dengan kegiatan ANBK yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Jika kegiatan ANBK lebih ke arah pada penilaian numerik dan literasi, sedangkan kegiatan Asesmen Bakat Minat mengarah pada kegiatan tes logika, dan para peserta didik diminta untuk menjawab beragam pertanyaan menganai minat dan potensi yang dimiliki.

            Hasil dari kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) diharapkan dapat membantu memberikan informasi ke pada peserta didik maupun orang tua mengenai potensi yang dimiliki peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencanaa. Kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) bermanfaat dalam memprediksi kemampuan peserta didik jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *