Minggu (21/05/2023) Skapsa Budoyo turut tampil dalam acara Gelar Seni Jaranan Jawa dan Festival Jawa yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Skapsa Budoyo merupakan ekstrakurikuler dari SMK PGRI 1 Kediri yang memberikan wadah bagi para siswa yang senang dalam dunia kesenian, khususnya kesenian jaranan. Ekstrakurikuler yang dibimbing langsung oleh bu Yudhita yang merupakan lulusan seni tari itu termasuk sering mengikuti segala kegiatan pagelaran kesenian baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Pada kegiatan Gelar Seni Jaranan dan Festival Jawa yang diadakan di area taman Simpang Lima Gumul tersebut diikuti oleh puluhan sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga SMA/Sederajat. Mas Dhito panggilan akrab bupati Kediri tersebut mengaku diadakannya kegiatan Pagelaran Seni Jaranan dan Festival Jawa tersebut guna memperkenalkan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Kediri dan sejarahnya.

Pada kesempatan yang sama, bu Yudhita selaku guru pembimbing dari Skapsa Budoyo pun menyampaikan jika kegiatan pagelaran seperti itulah yang mampu membuat para siswa semakin mencintai dan mengharagai kesenian yang ada di daerahnya. Sebelum menampilkan tari jaranan, para anggota Skapsa Budoyo pun melaksanakan latihan rutin selama dua minggu di area sekolah. Mereka berlatih dengan semangat dan riang, selain bu Yudhita yang melatih ada pun pak Agus Hendra yang juga merupakan pelatih dari kesenian jaranan. Berkat berlatih secara giat, anggota Skapsa Budoyo berhasil menyabet penyaji terbaik kategori SMA/SMK/Sederajat. “Saya bangga dengan anak-anak Skapsa Budoyo yang sudah mau berusaha menampilkan yang terbaik, dan berproses bersama sehingga mereka memang berhak untuk mendapatkan penghargaan sebagai penyaji terbaik”, ujar bu Yudhita tersenyum mendampingi siswa Skapsa Budoyo.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *